Blogger templates

Pages

Selasa, 05 Juni 2012

PENGENALAN HARDWARE


BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Tujuan Percobaan

Mempelajari dan memahami perangkat-perangkat hardware pada komputer dan fungsi masing-masingnya.

1.2  Dasar Teori

Motherboard
Sebuah komponen penting dari motherboard adalah chipset mikroprosesor pendukung, yang menyediakan antarmuka pendukung antara CPU dan berbagai bus dan komponen eksternal. chipset ini menentukan, ke mana, fitur dan kemampuan dari motherboard ini. 
 
motherboard modern termasuk, minimal:
1.    Socket (slot) dimana satu atau lebih mikroprosesor dapat dipasang
2.    Slot memori utama di mana sistem itu akan dipasang (biasanya dalam bentuk modul DIMM yang mengandung chip DRAM)
3.    Sebuah chipset yang membentuk sebuah antarmuka antara front-side bus CPU, memori utama, dan bus perifer
4.    Chip memori non-volatile (ROM biasanya Flash di motherboard modern) yang berisi firmware atau sistem BIOS
5.    Jam generator yang menghasilkan sinyal clock untuk sinkronisasi sistem berbagai komponen
6.    Slot untuk kartu ekspansi (ini interface ke sistem melalui bus didukung oleh chipset)
7.    Kekuatan konektor, yang menerima tenaga listrik dari catu daya komputer dan mendistribusikannya ke CPU, chipset, memori utama, dan kartu ekspansi.

Selain itu, hampir semua motherboard termasuk logika dan konektor untuk mendukung perangkat input yang sering digunakan, seperti PS / 2 Konektor untuk mouse dan keyboard. Awal komputer pribadi seperti Apple II IBM PC atau hanya termasuk perangkat ini dukungan minimal pada motherboard. Kadang-kadang perangkat keras antarmuka video juga terintegrasi ke dalam motherboard, misalnya, pada Apple II dan jarang pada komputer IBM-kompatibel seperti PC periferal Jr IBM tambahan seperti kontroler disk dan port serial yang disediakan sebagai kartu ekspansi.
Dengan kekuatan desain tinggi termal CPU komputer berkecepatan tinggi dan komponen, motherboard modern hampir selalu menyertakan sink panas dan titik mount untuk para penggemar untuk mengusir panas yang berlebih. Beberapa motherboard memiliki dua PCI-E 16x slot, untuk memungkinkan lebih dari 2 monitor tanpa hardware khusus, atau menggunakan teknologi grafis khusus yang disebut SLI (untuk nVidia) dan CrossFire (ATI). Ini memungkinkan 2 kartu grafis dapat dihubungkan bersama-sama, untuk memungkinkan kinerja yang lebih baik dalam tugas komputasi intensif grafis, seperti game dan video editing.
Motherboard umumnya didinginkan dengan heatsink sering dipasang pada chip yang lebih besar, seperti Northbridge, di motherboard modern. Jika motherboard tidak didinginkan dengan benar  dapat menyebabkan komputer mengalami gangguan. pendingin pasif, atau penggemar tunggal dipasang pada listrik, sudah cukup bagi banyak CPU komputer desktop sampai akhir 1990-an, sejak itu, sebagian besar dibutuhkan CPU fan terpasang pada heatsink mereka, karena meningkatnya kecepatan clock dan konsumsi daya.
Kebanyakan motherboard konektor untuk penggemar kasus tambahan juga. motherboard yang lebih baru telah terintegrasi sensor suhu untuk mendeteksi suhu motherboard dan CPU, dan konektor kipas yang dikontrol BIOS atau sistem operasi yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan kipas. Beberapa komputer (yang biasanya memiliki mikroprosesor kinerja tinggi, sejumlah besar RAM, dan kartu grafik kinerja tinggi) menggunakan sistem pendingin air, bukan banyak kipas pendingin.
Motherboard menggunakan kapasitor elektrolit untuk menyaring daya DC didistribusikan di sekitar papan. Kapasitor usia ini pada tingkat yang bergantung pada suhu, karena air perlahan-lahan mereka berdasarkan elektrolit menguap. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya kapasitansi dan malfungsi motherboard berikutnya karena ketidakstabilan tegangan. Sementara sebagian besar kapasitor rating 2000 jam operasi pada 105 ° C, umur rancangannya sekitar dua kali lipat untuk setiap C 10 ° di bawah ini. Pada 45 ° C seumur hidup 15 tahun bisa diharapkan. Ini muncul wajar untuk motherboard komputer. Namun, banyak perusahaan telah memberikan kapasitor kurang lancar. Yang secara signifikan mengurangi harapan hidup. Kasus yang tidak memadai pendinginan dan temperatur tinggi dengan mudah memperburuk masalah ini. Hal ini dimungkinkan, tapi membosankan dan memakan waktu, untuk mencari dan mengganti kapasitor rusak di motherboard PC.
Motherboard mengandung beberapa memori non-volatile untuk menginisialisasi sistem dan load sebuah sistem operasi dari beberapa perangkat perangkat eksternal. Mikrokomputer seperti Apple II dan IBM PC menggunakan chip ROM, dipasang pada soket di motherboard. Pada power-up, prosesor pusat akan memuat program counter dengan alamat ROM boot dan mulai melaksanakan instruksi ROM, menampilkan informasi sistem di layar dan menjalankan cek memori, yang pada gilirannya akan mulai mengambil memori dari perangkat eksternal atau periferal (disk drive). Jika tidak tersedia, maka komputer dapat melakukan tugas-tugas dari toko memori lain atau menampilkan suatu pesan kesalahan, tergantung pada model dan desain dari komputer dan versi BIOS.
Kebanyakan motherboard desain modern menggunakan BIOS, disimpan dalam sebuah chip EEPROM disolder ke motherboard, untuk bootstrap motherboard. (Socketed chip BIOS secara luas digunakan juga) Dengan boot motherboard., Memori, sirkuit, dan peripheral diuji dan dikonfigurasi. Proses ini dikenal sebagai komputer Power-On Self Test (POST) dan termasuk pengujian beberapa perangkat berikut:

1.    Floppy drive
2.    Jaringan controller
3.    CD-ROM drive
4.    DVD-ROM
5.    SCSI hard drive
6.    IDE, EIDE, atau SATA disk
7.    Eksternal memori penyimpanan perangkat USB

Setiap perangkat di atas dapat disimpan dengan instruksi kode mesin untuk memuat sistem operasi atau program.


RAM

Memori akses acak ( Random access memory, RAM ) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.
Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.
Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan memori-baca-saja (read-only-memory, ROM), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

Harddisk
Cakram keras (Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.
Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi. Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh.

Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa. Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien.
Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut. Sejarah Perkembangan Harddisk Harddisk pada awal perkembangannya didominasi oleh perusahaan raksasa yang menjadi standard komputer yaitu IBM. Ditahun-tahun berikutnya muncul perusahaan-perusahaan lain antara lain Seagate, Quantum, Conner sampai dengan Hewlet Packard’s di tahun 1992.
Pada awalnya teknologi yang digunakan untuk baca/tulis, antara head baca/tulisnya dan piringan metal penyimpannya saling menyentuh. Tetapi pada saat ini hal ini dihindari, dikarenakan kecepatan putar harddisk saat ini yang tinggi, sentuhan pada piringan metal penyimpan justru akan merusak fisik dari piringan tersebut.

Sectors dan tracks
Tracks adalah bagian dari sepanjang keliling lingkaran dari luar sampai ke dalam. Sedangkan sector adalah bagian dari tracks. Sectors memiliki jumlah bytes yang sudah diatur. Ada ribuan sector dalam HD 1 sectors normalnya menyimpan 512 byte informasi

Bahan pembuat
Saat ini hd dibuat dengan teknologi material media magnetik disebut thin film.Lebih rapat, masa pakainya, kecil, ringan dari bahan oxide

Mekanisme kerja
Proses baca tulis dilakukan oleh lengan hd dengan media Fisik magnetikHead hardisk melakukan konversi bits ke pulse magnetik dan menyimpannya ke dalam platters, dan mengembalikan data jika proses pembacaan dilakukan Hard disk memiliki “Hard platter” yang berfungsi untuk menyimpan medan magnet.Pada dasarnya cara kerja hard disk adalah dengan menggunakan teknik perekaman medan magnet. Cara kerja teknik magnet tersebut memanfaatkan Iron oxide (FeO) atau karat dari besi, Ferric oxide (Fe2O3) atau oxida lain dari besi. 2 oxida tersebut adalah zat yang bersifat ferromagnetic , yaitu jika didekatkan ke medan magnet maka akan ditarik secara permanen oleh zat tersebut.

Processor
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)

Optical Drive
Dalam komputasi, sebuah optical disc drive (ODD) adalah disk drive yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik dekat spektrum cahaya sebagai bagian dari proses membaca atau menulis data ke atau dari cakram optis. Beberapa drive hanya dapat membaca dari disk, tapi drive baru biasanya baik pembaca dan perekam. Perekam kadang-kadang disebut burner atau penulis. Compact disc, DVD, HD DVD dan disc Blu-ray adalah jenis media optik umum yang dapat dibaca dan dicatat oleh drive tersebut.
Optical disc drive merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peralatan konsumen yang berdiri sendiri seperti CD players, pemutar DVD dan perekam DVD.
Mereka juga sangat umum digunakan dalam komputer untuk membaca media konsumen perangkat lunak dan didistribusikan dalam bentuk CD, dan untuk merekam cakram untuk arsip dan pertukaran data. Optical drive-bersama dengan flash memori-sebagian besar telah mengungsi floppy disk drive dan drive tape magnetis untuk tujuan ini karena biaya rendah media optik dan ubiquity-dekat dari drive optik dalam komputer dan perangkat keras konsumen untuk keperluan hiburan hiburan.

VGA
VGA merupakan standar grafis terakhir yang diperkenalkan oleh IBM bahwa mayoritas produsen PC sesuai untuk klon, sehingga tahun 2010 denominator paling rendah bahwa semua PC grafis mendukung hardware, sebelum device driver khusus terisi ke dalam computer. Sebagai contoh, layar splash MS-Windows muncul saat mesin masih beroperasi dalam mode VGA, yang merupakan alasan bahwa layar ini selalu muncul dalam mengurangi resolusi dan kedalaman warna.
VGA secara resmi digantikan oleh standar XGA dari IBM, tetapi dalam kenyataannya itu diganti dengan ekstensi yang berbeda sedikit banyak untuk VGA yang dibuat oleh perusahaan klon yang kemudian dikenal secara kolektif sebagai "Super VGA".

0 komentar:

Posting Komentar