Blogger templates

Pages

Kamis, 31 Mei 2012

MATLAB LANJUTAN



MATLAB LANJUTAN

1.1  Tujuan Percobaan
Mempelajari dan memahami tentang matlab lanjutan.
1.2  Teori Dasar
Matriks, ialah sekelompok bilangan yang tersusun dalam  matriks segi-empat 2-dimensi.  Di dalam MATLAB didefinisikan dengan jumlah baris dan kolomnya.  Di MATLAB terdapat pula matriks berdimensi 3, 4, atau lebih, namun dalam blok  ini kita batasi hingga 3-dimensi saja. Matriks didefinisikan dengan kurung siku ( [ ] ) dan biasanya dituliskan baris-per-baris.   Tanda koma (,) digunakan untuk memisahkan kolom, dan titik-koma (;) untuk memisahkan baris.  Kita juga bisa menggunakan spasi untuk memisahkan kolom dan menekan Enter ke baris baru untuk memisahkan baris. Ada tiga cara untuk menuliskan matrik pada matlab yaitu:
1. pembuatan matriks yang menggunakan tanda (;) untuk memisahkan antar baris.
2. pembuatan matriks yang menggunakan (enter) untuk memisahkan antar baris.
3. pembuatan matriks dengan cara masing-masing baris didefinisikan menggunakan variabel-variabel yang diikuti tanda (;) kemudian variabel-variabel tersebut  disatukan menggunakan tanda (;) pada varibel baru.
Contoh cara 1 , misal ada matiks A yang berukuran 3×3, maka penulisannya pada matlab yaitu A=[1 2 3;4 6 -7;2 8 4] nantinya hasil dalam matlab jadinya 
A=[   1 2 3
4 6 -7
2 8  4 ]
contoh cara 3, nah cara ini makin boros banget kebanyakan variabel, yukk langsung aja gimana bikinnya,
A1=[1 2 3];
A2= [4 6 -7];
A3=[2 8 4];
A=[A1;A2;A3]
hasilnya juga akan sama..pada cara 3 ini bermanfaat jika matriksnya berukuran cukup besar dan mengandung beberapa elemen yang sama. misalnya:
1. UKURAN MATRIKS
Untuk mengetahui ukuran atau dimensi dari matriks yang ada, kita bisa gunakan command size dan lengthsize umumnya digunakan untuk matriks 2-dimensi, sementara length untuk vektor.
contohnya:
>> size(matrix1)
ans =
3 3
ukuran matrix1 ialah 3-baris 3-kolom (33).  Kita juga bisa menyimpan keluaran command dalam variabel baru. maka sintaks yang digunakan adalah:
contoh
>> [jml_baris,jml_kolom]=size(gabung5)
jml_baris =
3
jml_kolom =
6
Sementara itu, untuk menghitung jumlah elemen dari suatu matriks, kita pergunakan command prod.  Misalkan untuk matriks gabung5, jumlahelemennya ialah;
>> jml_elemen=prod(size(gabung5))
jml_elemen =
18
2. MATRIKS KHUSUS
MATLAB menyediakan berbagai  command untuk membuat dan memanipulasi matriks secara efisien.  Di antaranya ialah command untuk membuat matriks-matriks khusus, manipulasi indeks matriks, serta pembuatan deret.  Mari kita bahas terlebih dahulu mengenai matriks khusus. Berbagai matriks khusus yang kerap kita pergunakan dalam perhitungan bisa dibuat secara efisien dengan command yang telah ada di MATLAB.
untuk lebih jelas, perhatikan contoh berikut:
>> mat_1=5*ones(2,4)
mat_1 =
5     5     5     5
5     5     5     5
>> mat_2=zeros(2,4)
mat_2 =
0     0     0     0
0     0     0     0
>> mat3=[eye(4) ones(4)*-2]
mat3 =
1     0     0     0    -2    -2    -2    -2
0     1     0     0    -2    -2    -2    -2
0     0     1     0    -2    -2    -2    -2
0     0     0     1    -2    -2    -2    -2
>> bil_acak_uniform=rand(1,10)
bil_acak_uniform =
Columns 1 through 6
0.8147    0.9058    0.1270    0.9134    0.6324    0.0975
Columns 7 through 10
0.2785    0.5469    0.9575    0.9649
>> gaussian_noise=randn(5,1)
gaussian_noise =
-0.4326
-1.6656
0.1253
0.2877
-1.1465
Misalkan kita ingin membuat 20 buah bilangan acak gaussian dengan rata-rata = 5 dan varians = 3.  dengan sintaks sebagai berikut :
>> mu=5; %Nilai mean
varians=3; %Nilai variansi
>>bil_acak_gaussian= sqrt(varians)*randn(1,20) + mu
untuk hasil atau outputnya dapat pembaca mempraktekan sintaks tersebut
Matlab adalah singkatan dari Matrix Laboratory, software yang dibuat dengan menggunakan bahasa ini dibuat oleh The Mathworks.inc dan telah memasuki versi 6.5 Rilis 13. kekuatan matlab terletak pada :
1.      Kemudahan manipulasi struktur matriks.
2.      Jumlah routine-routine powerful yang berlimpah yang terus
berkembang.
3.      Kekuatan fasilitas grafik tiga dimensi yang sangat memadai.
4.      Sistem scripting yang memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengembangkan dan memodifikasi software untuk kebutuhan sendiri. 5. Kemampuan interface( misal dengan bahasa C, word dan mathematica).
5. Dilengkapi dengan toolbox, simulink, stateflow dan sebagainya, serta mulai melimpahnya source code di internet yang dibuat dalam matlab( contoh toolbox misalnya : signal processing, control system, neural networks dan sebagainya). Semua itu merupakan perangkat yang powerful untuk menyelesaikan permasalahan sains dan teknik terutama untuk wilayah dimana komputasi numerik harus dibuat.
GUI di Matlab Ketika kita membuka GUI Matlab kita bisa melihat lihat dan mencoba coba perintah pada GUI tersebut dan untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam demo tersebut. Kita bisa melihat contoh contoh program dan bisa disave dengan ektension .m(yang merupakan ektensi dari file matlab)
3.Looping
Looping adalah sesuatu proses yang dikerjakan secara berulang-ulang. Dalam pemrograman, looping ini harus berhenti pada suatu keadaan tertentu.
Secara umum, ada 2 hal yang dapat digunakan untuk menghentikan looping (stopping condition), yaitu:
·    Berdasarkan jumlah looping, artinya looping akan berhenti setelah mencapai jumlah perulangan tertentu
·      Berdasarkan syarat tertentu, artinya looping akan berhenti bila telah terpenuhinya suatu syarat/kondisi.
Dalam bahasa pemrograman, terdapat statement looping untuk mengakomodasi dua keadaan di atas, yaitu bentuk FOR dan WHILE.
Bila dijumpai looping yang diketahui jumlah perulangannya, maka kita bisa menggunakan FOR atau WHILE.
Sedangkan bila dijumpai looping yang tidak diketahui jumlah perulangannya, atau hanya diketahui syarat berhentinya perulangan, maka kita hanya bisa menggunakan WHILE saja.
Contoh perulangan yang diketahui jumlah perulangannya sehingga dapat dituliskan dengan FOR atau WHILE (dalam Pascal).
1.for mangkuk := 1 to 10 do
2.begin
3.writeln('Saya makan bakso mangkuk ke-', mangkuk);
4.end;
bila dinyatakan dalam WHILE menjadi
1.mangkuk := 1;
2.while (mangkuk <= 10) do
3.begin
4.writeln('Saya makan bakso mangkuk ke-', mangkuk);
5.mangkuk := mangkuk + 1;
6.end;
Perulangan yang tidak diketahui jumlah perulangannya, bisa menggunakan WHILE. Dalam contoh ini, program akan terus meminta input user selama input yang dimasukkan bukan 0.
1.input = 1;   // kita buat nilai awal sebarang, asal bukan 0.
2.while (input <> 0) do
3.begin
4.write('Masukkan sebarang input : ');
5.readln(input);
6.end;

4. Operasi Skalar dengan Array
MATLAB menyediakan operasi hitung antara skalar dengan array. Operasi hitung yang dapat dilakukan antara skalar dengan array adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan.

Khusus untuk operasi pembagian I dan operasi perpangkatan dipakai juga simbol dot (.) sebelum bagi dan pangkat.
Contoh :
>>k=5;
>>a=[-1 2 1 3];
>>k+a
ans =
4     7     6     8

Plot sederhana akan diperlihatkan sebagai contoh fasilitas grafik MATLAB, dari berbagai macam fasilitas grafik MATLAB yang sangat luas. Plot-plot ini biasa digunakan untuk interpretasi data, dimulai dengan menentukan fungsi plot yang merupakan perintah umum untuk plotting dua dimensi (2D). Bentuk plot sederhana adalah sebagai berikut.

5. Plot(x,y)
Berikut ini plot garis pada sumbu x dan y. Jika x dan y adalah matrik, kolom pertama adalah plot untuk x, kemudian kolom pertama y selanjutnya diulang untuk setiap pasangan kolom x dan y, sebagai contoh >> x=linspace (0,2*pi, 10); >> y=sin(x); >> plot(x,y)


Kode-kode ini merupakan plot fungsi sin(x) menggunakan perkalian 10 ruang titik pada interval 0 dan 2π. Jika nilai titik meningkat, plot fungsi sin(x) akan menjadi lebih halus, seperti berikut ini. >> x=linspace (0,2*pi, 40); >> y=sin(x); >> plot(x,y)


Sumber:
http://blog.student.uny.ac.id/nurhidayah/2011/04/01/matriks-menggunakan-matlab/

3 komentar:

  1. pak saya mau tanya...
    bagaimana caranya untuk me-mozaik beberapa foto secara otomatis?

    salam
    syaipul
    a.syaipul.bahri@gmail.com

    BalasHapus
  2. pak saya mau tanya kalua kita sudah menyelesaikan suatu progam kemudian kita ingin mengulangi progam tersebut lagi apa yang harus kita lakukan

    BalasHapus
  3. pak saya mau tanya kalua kita sudah menyelesaikan suatu progam kemudian kita ingin mengulangi progam tersebut lagi apa yang harus kita lakukan

    BalasHapus